Sarjana

Program Sarjana (S1) merupakan program pendidikan akademik yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan masalah yang di hadapi masyarakat. Program Sarjana di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dapat ditempuh dalam waktu 4 tahun yang terbagi dalam 8 semester. Untuk Program Sarjana (S1) kredit semester minimum yang diambil adalah 144 sks. Mahasiswa harus lulus tidak lebih dari 6 tahun.

Bidang keahlian di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan merupakan keahlian berdasarkan disiplin (keilmuan) pada suatu departemen/fakultas, dimana mahasiswa dapat memperdalam kompetensinya (ilmu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku) tertentu dalam suatu paket mata kuliah. Bidang keahlian pada pendidikan program sarjana di IPB setara dengan program studi, diselenggarakan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dengan sistem Mayor-Minor.

 

 

Perkuliahan Praktikum Field Trip

 

Bidang Keahlian utama yang ditawarkan (Mayor) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang disesuaikan dengan Departemen Pengampu :

  • Departemen Budidaya Perairan (BDP) dengan kode urutan (C1) mayor yang ditawarkan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
  • Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) dengan urutan (C2) mayor yang ditawarkan Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) dengan urutan (C3) mayor yang ditawarkan Teknologi Hasil Perairan
  • Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) dengan urutan (C4) mayor yang ditawarkan Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap
  • Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) dengan urutan (C5) mayor yang ditawarkan Ilmu dan Teknologi Kelautan

Tahun pertama pendidikan program sarjana di IPB diselenggarakan oleh Direktorat Program Pendidikan Tingkat Persiapan Bersama (DPTPB), dengan bekerjasama dengan fakultas di lingkungan IPB.