Sasaran dan Strategi Pencapaian FPIK

Sasaran FPIK-IPB 

  • Menghasilkan lulusan Program Sarjana tepat waktu dan mutu, memiliki kompetensi unggul dalam bidang perikanan dan kelautan tropis, serta bermoral tinggi dan berdaya saing.

  • Menghasilkan riset dan publikasi nasional dan internasional, paten dan kebijakan bidang perikanan dan kelautan tropis.

  • Menghasilkan karya inovatif, aplikatif dan produktif dalam bentuk teknologi, manajamen, kebijakan bidang perikanan dan kelautan tropis.

  • Perwujudan suasana akademik yang kondusif, melalui pengembangan sarana, prasarana dan sistem informasi untuk dapat meningkatkan mutu akademik mahasiswa, produktivitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

  • Pengembangan sistem manajemen yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel menuju organisasi FPIK berkualitas internasional.

  • Pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen dan kebijakan dalam bidang perikanan dan kelautan tropis untuk mendapatkan pengakuan publik akan pentingnya pembangunan perikanan dan kelautan.

  • Penguatan hubungan antara FPIK-IPB dengan alumni, pemerintah pusat/daerah, dunia usaha dan lembaga-lembaga internasional.

Strategi Pencapaian 

Strategi pencapaian visi, misi dan tujuan FPIK sangat terkait dengan strategi untuk pencapaian sasaran mutu berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan fakultas. Untuk itu strategi yang dirumuskan dalam mencapai tujuan meliputi:

  • Penguatan Struktur Organisasi FPIK yang disertai dengan tugas pokok dan fungsi yang jelas dari masing-masing elemen yang ada dalam struktur organisasi serta menerapkan sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil dalam seluruh penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi.

  • Menerapkan kurikulum Program Sarjana yang telah diselaraskan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Indonesia Qualification Framework/IQF) pada tahun 2015 dan mengupayakan sertifikat pendamping ijazah sebagai tambahan kompetensi, sesuai dengan perkembangan IPTEKS serta kebutuhan pengguna lulusan (tahun 2018).

  • Peningkatan proses pembelajaran melalui (1) evaluasi terhadap kurikulum minimal setiap 5 tahun untuk menyelaraskannya dengan kebutuhan pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja; (2) Pengkayaan materi kuliah (course content) dan metode pembelajaran berbasis Lecture Management System (LMS) yang dilakukan setiap tahun di bawah koordinasi Direktorat Pengembangan Akademik-IPB, serta (3) peningkatan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran.

  • Perwujudan suasana akademik yang kondusif melalui penyediaan prasarana, sarana dan dana yang memadai untuk dapat terselenggaranya kegiatan akademik dan non-akademik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dengan baik.

  • Meningkatkan jumlah proposal penelitian melalui dana-dana kompetitif dari dalam dan luar negeri melalui kerjasama penelitian lintas departemen, fakultas, dan institusi (transdisiplin) dalam dan luar negeri, dari 50 buah proposal menjadi 100 proposal (dalam 5 tahun ke depan).

  • Meningkatkan proposal usulan hak Paten, terkait teknologi dan kebijakan perikanan dan kelautan tropis 5 buah setiap tahunnya.

  • Meningkatkan jumlah publikasi hasi-hasil penelitian bidang perikanan dan kelautan tropis pada jurnal nasional terakreditasi, melalui kegiatan lokakarya penulisan karya ilmiah nasional dan internasional.

  • Meningkatkan pengiriman karya ilmiah ke jurnal internasional bereputasi (terindeks pada lembaga ilmiah internasional bereputasi dan mempunyai dampak), melalui program sabbatical leave, inviting researcher/professor, kerjasama luar negeri, joint research, termasuk coaching clinic untuk penulisan manuscript-nya.

  • Peningkatan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dengan cara-cara: (1) mendorong dan memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk mengajukan proposal penelitian, (2) mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen. (3) mendorong dan memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah internasional, jurnal nasional terakreditasi dan tidak terakreditasi, (4) mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus, Thomson, SCImago dan mempunyai impact factor), jurnal nasional terakreditasi, serta (5) mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengajukan HAKI atas penelitian yang dihasilkan.

  • Penguatan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di FPIK-IPB, disertai tugas pokok dan fungsi yang lebih jelas dan terukur.

  • Penetapan standar dan sasaran mutu FPIK yang lengkap dan terukur, disertai dengan penyusunan dan atau penyempurnaan prosedur operasional baku (POB) untuk pencapaian standar dan sasaran mutu yang telah ditetapkan.

  • Peningkatan jumlah dan kualitas calon mahasiswa melalui (1) evaluasi terhadap sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa yang berlaku di IPB, untuk lebih berpihak kepada kepentingan FPIK, (2) promosi yang lebih intensif ke Sekolah Lanjutan Atas (SLA) yang ada di wilayah pesisir, dan (3) meningkatkan daya tarik (attractiveness) program studi.

  • Melakukan analisis kebutuhan dosen tetap dan tenaga kependidikan untuk dapat melakukan proses rekrutmen dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan FPIK.

  • Pembinaan dan pengembangan dosen/tenega pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan jenjang pendidikan, pelatihan serta kegiatan pengembangan keilmuan, perluasan wawasan dan penguasaan teknologi.

  • Peningkatan prestasi mahasiswa melalui 1) pemberian beasiswa, 2) pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang nalar, bakat dan minat, 3) pertukaran mahasiswa (student exchange) atau kompetisi antar mahasiswa di luar negeri.

  • Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa secara kualitas dan kuantitas melaui program-program kompetitif dari Kemenristekdikti, maupun kementerian lainnya (Pogram Mitra Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan) serta Corporate Social Responsibility dari instansi pemerintah maupun swasta.

  • Peningkatan kerjasama dengan alumni dan institusi baik di dalam maupun di luar negeri untuk peningkatan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan penggalangan dana serta pembentukan dan penguatan jejaring.

  • Pengembangan unit bisnis di fakultas untuk mendapatkan dukungan dana bagi kelancaran kegiatan akademik dan nonakademik fakultas.