Rencana dan Strategi

Ada lima strategi yang ditempuh dalam rangka mencapai Visi, Misi dan Tujuan FPIK yang telah dirumuskan di atas yaitu:

(1) Pengembangan sistem komunikasi dan informasi

Untuk menjadikan FPIK berkualitas internasional maka langkah pertama yang perlu dibenahi dan dibangun adalah sistem komunikasi dan informasi antar warga FPIK. Melalui sistem komunikasi dan informasi yang baik akan dapat dengan mudah dibangun pemahaman dan persepsi bersama antar warga untuk menjalankan program-program yang ada dengan penuh tanggungjawab demi kemajuan FPIK.

(2) Transformasi Institusi Senat FPIK

Di era departemenisasi ini, hubungan antar departemen perlu terus dijaga agar tetap kuat, solid, sehingga keluar tetap mencerminkan suatu kesatuan. Untuk itu peran institusi senat semakin diperlukan untuk menjaga kesatuan dan persatuan FPIK. Peran dan fungsi Senat FPIK tampaknya semakin lama semakin tereduksi menjadi semacam Panitia Ad Hoc saja. Hal ini harus dicegah dengan cara mentransformasikan institusi senat menjadi institusi yang senantiasa dari hari ke hari terlibat dalam urusan FPIK. Untuk itu, perlu disepakati untuk menjadikan senat FPIK sebagai think tank bagi pemikiran-pemikiran dan strategi pengembangan FPIK.

(3) Pengembangan Hubungan Alumni FPIK

Alumni merupakan salah satu aset yang sangat berharga dimiliki FPIK. Sayang sekali asset ini belum dikelola secara optimal sehingga belum mendatangkan manfaat (return) yang maksimal bagi pengembangan FPIK. Hubungan kuat dengan alumni dapat membantu, antara lain mendekatkan mahasiswa ke dunia kerja dan membuka wawasan mahasiswa akan peluang kerja yang dapat diciptakannya.

(4) Pengembangan Kerjasama Pelaku Usaha dan Bisnis Perikanan dan Kelautan serta Pemerintah Daerah

Proses disentralisasi pemerintahan yang lebih dikenal sebagai otonomi telah mengalihkan wewenang pengelolaan lingkungan dan sumberdaya dari pusat ke daerah. Bersamaan dengan pengalihan wewenang tersebut dialihkan pula sumber-sumber pembiayaan program pembangunan ke tangan daerah. Dengan konstalasi baru tersebut dan tampaknya tidak akan berbalik arah, maka kerjasama dengan pemerintah daerah menjadi krusial dan semakin penting.

(5) Pemantapan dan Pengembangan Kerjasama Luar Negeri

We live in one world and one interconnected ocean. Globalisasi dan sertifikasi internasional semakin menjadi norma ketimbang pengecualian. Oleh karena itu kita perlu lebih aktif menggalang kerjasama luar negeri. Tanpa ada kerjasama ini maka kita dapat terperangkap dalam keasyikan sendiri dan bisa tertinggal jauh dan terasing di dunia yang makin menyatu ini. Kerjasama ini bukanlah hal yang baru bagi FPIK karena FPIK telah melakukannya, yang perlu dilakukan adalah terus memantapkan kerjasama yang ada sembari mengembangkan kerjasama-kerjasama baru yang dapat membawa kemajuan bagi FPIK.

Searah dengan Visi, Misi dan Tujuan FPIK yang telah disempurnakan, maka Strategi pencapaian Visi, Misi dan Tujuan 2011-2015 yaitu:

(1) Penguatan basis institusi melalui perbaikan administrasi dan tata kelola, serta manajemen mutu
(2) Diversifikasi kompetensi institusi FPIK melalui pengembangan program studi/kurikulum
(3) Pengembangan kemitraan denganpelaku usaha dan jasa melalui scale-up hasil-hasil riset
(4) Pengembangan kerjasama dengan pemerintah (pusat dan daerah) dalam advokasi pembangunan perikanan dan kelautan
(5) Pengembangan jejaringkomunikasi dan informasi, serta pemantapan dan pengembangan kerjasama riset internasional