Program Kerja

RENCANA OPERASIONAL (PROGRAM KERJA UTAMA)

Berpijak dari beberapa keberhasilan FPIK sejak berdirinya hingga saat ini, maka rencana operasional atau program kerja utama yang diusulkan merupakan kelanjutan dan pengembangan program-program yang telah dilaksanakan sebelumnya di FPIK. Misalnya saja dalam peningkatan mutu akademik, konsolidasi, penguatan organisasi dan manajemen fakultas, dll. Tentunya, pengembangan program yang dilakukan juga mempertimbangkan kecenderungan perkembangan yang terjadi di FPIK, di IPB, di tingkat nasional maupun internasional.
Sepuluh rencana program kerja utama yang diusulkan dilakukan dalam periode kedekanan 2007-2011 adalah: [1] Peningkatan kualitas akademik dan kemahasiswaan, khususnya proses belajar-mengajar dan meneliti, [2] Pembangkitan pendapatan income generating activities (IGA) yang berbasis kompetensi utama (kepakaran) di bidang PERIKANAN DAN KELAUTAN bagi peningkatan kesejahteraan dosen dan karyawan FPIK, [3] Peningkatan kenyamanan kerja, kebersihan dan keindahan kampus FPIK, [4] Pengembangan kepakaran dan kualifikasi staf akademik, [5] Peningkatan keterampilan staf administrasi dan teknis, [6] Intensifikasi kemitraan dan pengembangan alumni, [7] Konsolidasi dan penguatan organisasi dan manajemen fakultas, [8] Pengembangan kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah daerah, [9] Peningkatan kerjasama riset dan pengembangan program studi pascasarjana internasional (di bidang kelautan dan perikanan), dan [10] Peningkatan dan perluasan public awareness dan outreachpembangunan bidang kelautan dan perikanan serta institusi FPIK.
Berikut ini diuraikan alasan/justifikasi dan bagaimana implementasi masing-masing program bagi pengembangan dan kemajuan FPIK-IPB.

5.1 Mutu Akademik: Peningkatan Kualitas Akademik dan kemahasiswaan, Khususnya Proses Belajar-Mengajar dan Meneliti

Mutu. akademik adalah seperangkat parameter yang dapat digunakan untuk menilai sejauh mana input, proses, keluaran atau produk yang dihasilkan oleh suatu lembaga, dalam hal ini FPIK dapat memenuhi kriteria dan indikator yang telah disepakati bersama, baik di tingkat lokal maupun global.

5.2 Usaha dan Kesejahteraan: Pembangkitan Pendapatan, Income Generating Activities (IGA) dan Peningkatan Kesejahteraan

Program ini dimaksudkan atau diarahkan untuk menghasilkan sebanyak�-banyaknya kapital (uang/modal) untuk selanjutnya diperuntukkan/didistribusikan bagi peningkatan kesejahteraan staf dan karyawan FPIK serta program-program strategis FPIK.

5.3 Peningkatan Kenyamanan Kerja, Kebersihan, Keindahan, dan Keamanan Lingkungan kampus FPIK

Program ini dimaksudkan untuk ruang kerja yang nyaman dengan sarana dan prasarana yangmemadai bagi semua serta menciptakan lingkungan kampus yang bersih dan aman. Lingkungan yang dimaksud adalah kenyamanan ruang kerja staf pegawai, toilet/WC, tempat parkir, taman dan koridor/hub.

5.4 Kompeten dan professional: Pengembangan Kepakaran dan Kualifikasi Staf Akademik

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan profesionalisme staf akademik sebagai tulang punggung kemajuan dan jaminan mutu Fakultas.

5.5 Terampil: Peningkatan Keterampilan Staf Penunjang

Maksud dari program ini tidak lain adalah bagaimana meningkatkan keterampilan yang dimiliki staf penunjang agar ia mampu melaksanakan tugas yang diembankan kepadanya dengan baik, benar dan tepat waktu.

5.6 Peran Alumni: intensifikasi Kemitraan dan Pengembangan Alumni

Program ini adalah program penggalangan potensi alumni FPIK agar bersama FPIK (almamatemya) dapat bersinergi dan tetap merupakan bagian dari keluarga besar FPIK, tidak hanya sekedar dalam kata-kata tetapi juga dalam tindakan.

5.7 Good Governance: Konsolidasi dan Penguatan Organisasi dan Manajemen Fakultas

Good Governance yang dimaksudkan disini adalah salah satu upaya agar sistem administrasi dan manajemen Fakultas menjadi organisasi modern, yang diwarnai dengan transparansi dan akuntabilitas.

5.8 Lokal-Nasional: Pengembangan Kerjasama dan Kemitraan dengan Pemerintah Daerah

Pengembangan kerjasama di tingkat lokal-nasional dengan lembaga pendidikan dan riset nasional serta jalinan kemitraan dengan pemerintah daerah. Program ini merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma perguruan tinggi.

5.9 Global-Internasional: Peningkatan Kerjasama Riset dan Pengembangan Program Studi Pascasarjana (di Bidang Kelautan dan Perikanan) Internasional

Program ini ditujukan dalam rangka internasionalisasi institusi FPIK. Maksudnya adalah menyiapkan FPIK agar memiliki baku mutu yang bertaraf internasional.

5.10 Publik dan Citra: Peningkatan dan perluasan Public Awareness danOutreach FPIK

Program ini menyangkut bagaimana meningkatkan dan memperluas kesadaran publik/masyarakat luas terhadap dunia perikanan dan kelautan serta peran FPIK di dalamnya. Selain itu, program ini menyangkut bagaimana FPIK terus membangun citra yang baik di mata masyarakat, baik stakeholder maupunshareholders.Program ini dapat dilakukan oleh civitas akademik FPIK: dosen, staf pegawai dan mahasiswa, baik secara individu, tim atau FPIK secara keseluruhan