Stasiun Lapang Kelautan (SLK) FPIK-IPB

 

Dibangun di atas lahan seluas 4 hektar, dilengkapi dengan ruang-ruang kuliah, praktikum dan penginapan/asrama/guest house, berlokasi  di Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi.  SLK tersebut merupakan bagian dari Project Marince Science yang dibiayai oleh Bank Dunia dan Asian Development Bank.  Jumlah dan luasan ruangan di SLK Pelabuhanratu memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan bagi 120 mahasiswa secara bersamaan. Terdapat lahan dan bangunan yang dikerjasamakan antara IPB dengan pihak swasta (PT. Java Suisan Indah) untuk pembesaran sidat termasuk pengolahannya menjadi produk unagi kabayaki yang diekspor ke Jepang.   PT Java Suisan Indah tersebut juga menerima mahasiswa yang melaksanakan magang sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan bagi kemajuan bidang pendidikan dan penelitian perikanan dan kelautan.  Satu orang dosen ditugaskan oleh Dekan untuk pengelolaan SLK Pelabuhanratu saat ini, yaitu Dr. Ir. Ronny Irawan Wahju, M.Phil.

Guest house yang tersedia sebanyak 2 unit dengan type 45, terdiri dari 3 kamar, ruang tamu/ruang keluarga, dapur, dan kamar supir. Fasilitas yang tersedia antara lain kipas angin dan lemari es.

 

 

 

 

 

 

Ruang diskusi dengan luas ± 200 m2, dilengkapi dengan kursi kuliah. Ruang ini dapat digunakan untuk pertemuan-pertemuan setelah melakukan research, atau melakukan pembahasan dengan kegiatan terkait.

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Kantor

Digunakan untuk melakukan aktivitas rutin pegawai SLK-FPIK IPB Palabuhanratu