FPIK IPB—Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University (FPIK IPB) berjanji kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (DKP Sumbar) dalam hal penguatan komoditas ekonomi sumberdaya perikanan lobster, kepiting, dan udang.

Kerjasama akan berlangsung 3 tahun dari mulai penandantanganan kerjasama yang dilakukan pada 8 Desember 2022 di Kota Padang, Sumatera Barat dihadiri oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. Ir. Fredinan Yulianda, M.Sc beserta peneliti dan dosen-dosen FPIK IPB salah satunya, Dr. Irzal Effendi, Dr. Ir. Syamsul Bahri Agus, M.Si, Dr. Eddy Supriyono, dan Kepala Dinas FKP Sumbar Dr. Desniar, S.Pi, M.Si beserta jajarannya.

Penguatan sumberdaya perikanan terutama pada lobster, kepiting dan udang memerlukan banyak persiapan agar mencapai status nasional. Sumberdaya lobster, kepiting dan udang akan menjadi komoditas yang berekonomi tinggi apabila sudah matang dalam pengelolaannya. Kerjasama FPIK IPB akan menyiapkan sektor perikanan ini dengan berbagai pendekatan baik secara sosial dan inovasi.

Sesuai yang disebutkan oleh Dr. Irzal Effendi “Sumatera Barat menjadi sentra lobster, kepiting dan udang memerlukan penentuan lokasi yang sesuai, pelatihan SOP (Standard of Procedure), serta melakukan identifikasi pemasarannya” adalah beberapa contoh yang dapat diimplementasikan dari kerjasama ini.

Aspek ekonomi yang tinggi bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumbar tetapi perlu melihat antusiasmenya. Pengembangan komoditas ini tidak melupakan keikutsertaan masyarakat dalam pengelolaannya. Kerjasama ini tidak hanya meliputi DKP Sumbar saja tetapi juga semua lapis masyarakat dimana juga akan dilakukan komunikasi dan melihat antusiasmenya.

“Harus kita lakukan komunikasi yang intens dan juga akan terlihat antusiasme dalam mewujudkan Sumbar menjadi sumber lobster, kepiting, dan udang” Disebutkan oleh Dr. Ir. Syamsul Bahri Agus, M.Si.

Kerjasama ini berlangsung selama 3 tahun yang akan meliputi banyak peneliti dan mahasiswa dari FPIK IPB dalam usaha untuk menambah komoditas ekonomi Sumatera Barat dalam bidang perikanan.